Wisata Literasi Bagian I

Assalammu'alaikum,

Bangunan Penyimpanan Teleskop

Hai sahabat semuanya hari ini saya akan mengajak sahabat semua untuk wisata literasi ke beberapa tempat yang berada di daerah Lembang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Pasti sudah tidak asing lagi ya dengan daerah Lembang. Banyak objek wisata yang berada disana.

Wisata  literasi tidak hanya menikmati hiburan biasa. Di dalam wisata literasi ada nilai-nilai edukasinya, di sana kita tidak hanya melihat atau menikmati objek wisatanya saja tetapi mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat disampaikan pada orang lain.

Tempat yang  di kunjungi adalah Teropong Bintang Bosscha dan Taman Bunga Begonia. Yuk kita intip wisata literasinya.

 Teropong Bintang Bosscha




Teleskop  Refraktor Ganda Zeiss

Teropong Bintang Bosscha atau Observatorium Bosscha  terletak di Teropong Bintang Lembang Jawa Barat dengan no telepon (022) 2786027. Observatorium Bosscha ini adalah salah satu tempat wisata Budaya Bandung dan sebagai Benda Cagar Budaya nasional yang sangat penting.  Bangunan yang didirikan  pada tahun 1923 di areal tanah seluas 600 hektar ini dibangun pertama kali dengan dana dari seorang pengusaha  kaya Hindia Belanda yang bernama  Karel Albert Rudolf Bosscha dengan bantuan para astronom kenamaan Belanda. Pada tahun 1959 pengelolaannya di serahkan kepada  perguruan tinggi ITB dan sebagai  satu-satunya pusat lembaga penelitian dan pelatihan astronomi Indonesia.

Untuk masuk ke tempat ini pengunjung dikenakan tarif Rp.15.000,00 untuk kunjungan siang dan Rp.20.000,00 setiap orangnya untuk kunjungan malam. Jadwal kunjungan untuk rombongan hari Selasa,Rabu dan Jum'at dan harus reservasi beberapa minggu sebelumnya dan membuat surat izin . Sedangkan untuk perorangan atau keluarga bisa langsung datang ke lokasi mulai pukul 09.00 sampai pukul 14.30 hanya pada hari Sabtu saja. Untuk sesi kunjungan malam dari mulai pukul 17.00 sampai pukul 20.00. Kunjungan malam ini dibuka pada musim kemarau biasanya periode April sampai Oktober.


Ruang Multi Media
Teropong Bintang Bosscha memiliki 7 jenis teleskop . Teleskop Refraktor ganda Zeiss,Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg,Teleskop Cassegrain GOTO, Teleskop Refraktor Unitron,Teleskop Surya dan Teleskop Radio. Teleskop itu berfungsi untuk mengamati benda langit seperti bintang,bulan,galaksi, matahari, memfoto benda langit, menentukan hilal, mengamati gerhana dan penelitian benda langit lainnya. Teleskop ini berada dalam sebuah bangunan yang beratap silinder yang atapnya bisa dibuka dan ditutup. Lantainya pun bisa dinaikkan atau diturunkan.

Memasuki kawasan teropong Bintang Bosscha, mulai terasa sejuknya udara pegunungan yang berada pada ketinggian 1300 m diatas permukaan laut. Di area parkir terdapat hamparan rumput dan pepohonan yang rindang. Kita dapat beristirahat sambil menikmati udara segar pegunungan, boleh juga  membuka bekal makanan dan minuman di area tersebut, asalkan sampahnya dibuang ke tempatnya. Di area parkir juga terdapat mushola dan toliet untuk para pengunjung. Beberapa meter dari kawasan parkir terdapat ruang multi media untuk pemutaran film dokumenter tentang galaksi dan benda langit. Tak jauh dari sana terdapat koperasi yang menyediakan minuman dan cenderamata khas Bosscha dengan harga yang terjangkau. Untuk melihat teleskop kita harus berjalan lagi beberapa meter. Jangan khawatir kita akan di pandu untuk mengelilingi tempat itu.


Cenderamata khas Bosscha

Kawasan   ini terletak 15 km  dari bagian barat kota Bandung , menyuguhkan wisata yang istimewa. Selain hiburan kita juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang unik dan menarik melihat indahnya benda-benda langit melalui teleskop yang ada di Teropong Bintang Bosscha. Setelah kunjungan ke Bosscha ,sahabat semuanya dapat berkunjung ke tempat wisata lain yang  menarik di sekitar kawasan Lembang atau Kota Bandung.

Nah bagaimana seru bukan wisata literasinya ? Sampai jumpa diwisata literasi berikutnya di Taman Begonia Lembang.




Salam

Ena














24 komentar:

  1. Seru bu ceritanya,ada hikmahnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa seru dan dapat ilmu baru tentunya..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Mbak, saya dari kapan-kapan pengin ngajak anak-anak ke Boscha baru tahu dari artikel ini kalau perorangan hanya hari Sabtu saja..
    Mau lah nanti, dijadwalkan ke sana..
    terima kasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba Dian, kalau perorangan enaknya sore aja biar bisa lihat bintang kalau pas musim kemarau dan tidak mendung.

      Hapus
    2. Sama-sama mba Dian, kalau perorangan enaknya sore aja biar bisa lihat bintang kalau pas musim kemarau dan tidak mendung.

      Hapus
  3. Belum kesampaian ke sini tiap ke Bandung. Seru dan ramah anak ya padahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. ayo mba, ditunggu di Bandung sekalian week end...

      Hapus
    2. Iya.. ayo mba, ditunggu di Bandung sekalian week end...

      Hapus
    3. Iya seruu, ayo mba ditunggu di Bandung ya

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Biasanya ke sini dg murid. Pengen jg pergidg keluarga

    BalasHapus
  5. Wih ini wisata yang bermanfaat banget nih senang-senang sambil belajar. Keren banget.

    BalasHapus
  6. Wah Mba. Aku tu ya besar di bandung tapi belum pernah ke sana. Hiks. Jadi malu

    BalasHapus
  7. Pengin juga ke Boscha, sementara ini cukup puas di planetarium di Jakarta. Menarik, Mbak

    BalasHapus
  8. Pengen dech ke Boscha Kalo ke Bandung, makasih ya Mba infonya.

    BalasHapus
  9. Pengeeeen, saya 4 tahun tinggal di Bandung belum pernah ke Boscha duh padahal bagus ya hiks

    BalasHapus
  10. Mba ini mengingatkan aku sama film Petualangan Sherina, duh ketauan umur yak wkwk. Ternyata biaya masuknya murah ya, tapi dapar "harta karun" ilmu yang banyak :)

    BalasHapus
  11. Wisata edukatif seperti ini cocok buat anak2 ya mba. Nyesel euy dulu pas masih tinggal di Bandung malah nggak sempet ke sini.

    BalasHapus
  12. Mau dong mbaaak kalau kapan-kapan ke Bandung diajak jalan ke Bosscha

    BalasHapus
  13. Bagus nih, untuk menambah pengetahuan anak-anak

    BalasHapus
  14. Aaaak... Teropong bintang! Sejak sekolah dlu aku pengen banget ni melihat teropong yg satu ini, tp sayang sampai hari ini masih blm kesampaian. Semoga ntar bisa bawa anakku liat lgsg. Selama ini dia pun cuma dengar cerita doang.

    BalasHapus
  15. Tahun lalu pas ke Bandung nengokin eninnya anak-anak, pengen kesini, terlebih aisha tapi ga jadi :(
    Next trip kayaknya musti kesini nih.

    BalasHapus
  16. Wisata Literasi yang membuat anak2 terpukau pastinya. Anak-anak saya sangat terkagum-kagum juga saat kita berkunjung ke sini. Ternyata kita punya teropong bintang yang ga kalah keren dengan luar negeri punya.

    BalasHapus