Memberi Arti

Assalammua'alaikum Sahabat semua...




Dirgahayu Republik Indonesia, semoga 73 tahun kemerdekaan ini bisa kita isi dengan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Sekecil apapun manfaat yang kita beri tak jadi masalah, asalkan kita lakukan dengan ikhlas dan sepenuh hati inshaaAllah akan bernilai ibadah dan membawa arti tersendiri.

Berbicara tentang memberi arti beberapa waktu yang lalu saya sempat membuka informasi tentang Gerakan Menumpuk Piring di Tengah, sebuah gerakan sederhana yang mengajak kita untuk membantu menumpukkan piring atau gelas di tengah jika kita selesai makan di luar, sudah cukup itu saja, sehingga para pramusaji akan lebih cepat membereskan alat makan dan tempat makan kita. Tujuan gerakan ini adalah membantu para pramusaji yang telah bekerja keras melayani para tamu, memberikan sedikit empati bagi mereka, sedikit namun cukup memberi arti.

Kegiatan yang biasa saja namun menurut saya itu adalah media untuk melatih sikap sosial kita untuk tidak hanya bersimpati tetapi berempati.  Menurut saya bersimpati berbeda dengan berempati, bersimpati hanya dalam tataran pikiran saja, "ah kasihan ya !" namun empati tidak hanya sebatas pikiran tapi dilanjutkan dengan bentuk aksi nyata.

Berhubung libur kami sekeluarga pergi sarapan di Mang bubur langganan . Setelah selesai sarapan saya ajak anak-anak dan suami untuk melakukan aksi tumpuk piring di tengah. ketika Mang bubur datang ia berkata dengan ekspresi kaget dan senang "wah hebat, piringnya sudah dirapikan dan tempatnya jadi bersih, makasih ya!" sayang waktu itu tak tak sempat foto-foto.

Lain waktu keluarga adik datang bersama anak-anaknya. Pulang dari suatu tempat, kami mampir untuk makan siang. setelah selesai makan saya ajak adik dan keponakan untuk melakukan gerakan menumpuk piring di tengah. Di luar dugaan , keponakan yang berusia 4 tahun, minta kertas tissu sama ibunya, spontan dia melap meja dengan tissu, "wah, pinter banget!

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya. Selamat mencoba aksi tumpuk piring di tengah. Percayalah kebaikan yang kita lakukan akan kembali pada kita.


wasalam,

Ena









































20 komentar:

  1. Betul mba saya setuju gerakan ini, karena saya pun melakukannya, apalagi saat makan malam diluar tentu perbuatan baik seperti ini harus digalakkan.

    BalasHapus
  2. Wih, gerakan tumpuk di tengah ini mulai jadi kebiasan saya juga mba, justru kalau ditumpuk di tengah malah kelihatan rapi, mau ngobrol habis makan juga asik, dan yg paling merasa terbantu yah temen2 pramusaji yah.

    BalasHapus
  3. Saya juga mulai melakukannya mba, habis risih juga lihat meja berantakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, saya harus ttp smngat ngingetin biar keluarga juga ikit serta. Makasih ya mba

      Hapus
  4. Mungkin karena ini adalah kebiasaan di rumah, sehingga setiap makan di manapun maka otomatis saya tumpuk piring dan merapikannya. Jadi saya sudah lama dong mengikuti gerakan ini, hehehe

    BalasHapus
  5. Oh begitu yah ..baru tahu ini...makasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sam mba, mari dicoba. Makasih ya sudah mampir

      Hapus
    2. Sama-sam mba, mari dicoba. Makasih ya sudah mampir

      Hapus
  6. setuju Mbak...kalau piring tumpuk di tengah. Kalau itu kemasan sekali buang seperti saat makan di restoran fast food lebih baik kita buang sendiri ke tempat sampah.

    BalasHapus
  7. Waaah ... perlu ditiru, gerakan tumpuk piring di tengah. Nggak kepikiran hihihi

    BalasHapus
  8. Setuju sekali, Mbak. Tak cukup simpat tapi tunjukkan dalam bentuk empati. Kebiasaan seperti ini harus diteruskan secara terus menerus, biar nempel dan jadi tradisi

    BalasHapus
  9. Wah keren ni gerakan tumpuk piring di tengah, bersihin meja hingga merapikan sekitar. Bagus untuk ajari anak2

    BalasHapus
  10. Itu ajaran inu saya dulu waktu kamiaaih kecil & menjafi ke iasaan sampai saat ini..klo dirumah anak2 langsung bawa ke dapur & dicuci, jd meja langsung bersih...

    BalasHapus
  11. Setuju mbak, gerakan tumpuk piring ini baik untuk semua

    BalasHapus
  12. Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Setuju dengan semua hal yang baik begini,terlihat remeh tapi efeknya luar biasa.

    BalasHapus
  13. Setuju pakek banget gerakan numpuk piring ditengah setelah makan di resto. Terlihat simple, tapi sungguh membantu para pelayan beres2. Yuk berubah, semangat :)

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah, aku dan anak-anak udah ngelakuin juga, Mbak. :)

    BalasHapus