Kelas Inspirasi Wujud Kepedulian Orang Tua di Sekolah

Assalammu'alaikum Ayah dan Bunda...

Tahun pelajaran baru sudah hampir satu bulan dimulai. Saatnya kita orang tua turut ambil bagian. Mengasuh dan mendidik anak-anak di sekolah bukan hanya tugas dan tanggung jawab guru, itu adalah tugas dan tanggung jawab bersama guru dan orang tua. Seperti yang dilakukan oleh Gerakan Indonesia Mengajar dengan tagline Bangun Mimpi Anak Indonesia untuk pertama kalinya memperkenalkan kelas inspirasi

Mereka sengaja melakukan cuti untuk memperkenalkan beragam profesi kepada anak-anak di sekolah. Tujuannya untuk berbagi pengalaman memberikan semangat dan motivasi. Ada polwan masuk kelas, cerita Pak  sopir, koki hebat, pemadam kebakaran dan cerita teman-teman lainnya yang berprestasi.

Tujuan lainnya diadakan kelas inspirasi ini  adalah menumbuhkan cita-cita yang kuat pada diri anak. Mereka bisa menjadi apa saja yang mereka inginkan asalkan baik dan bermanfaat tentunya. Asalkan mereka mau bekerja keras,tekun,displin,tidak mudah menyerah, dan tentu saja diiringi dengan do'a. Anak bisa menghargai bahwa semua pekerjaan itu penting dan berharga asal halal dan dapat bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Selain itu dengan adanya kelas inspiratif ini diharapkan timbul rasa bangga dengan profesi kedua orang tuanya. Yang paling penting dengan adanya kelas inspirasi ini anak-anak akan merasakan kasih sayang, perhatian dan kedekatan orang tua mereka.

Foto orang tua yang sedang mengisi kelas inspiratif


Kelas inspirasi dapat dilaksanakan atas kerjasama orang tua murid bersama guru melalui paguyuban orang tua. Narasumber kelas inspirasi adalah orang tua siswa, alumni, siswa yang berprestasi atau para ahli lain yang dipandang perlu dan berhubungan. Pembiayaan kelas inspirasi ini adalah bantuan secara sukarela dari orang tua siswa , biaya dari bantuan dana operasional sekolah atau dan sah lainnya. Acara ini dapat dilaksanakan pada waktu jam sekolah atau di luar jam sekolah . Bisa dilaksanakan di sekolah atau tempat lain yang disepakati.

Sudahkan di sekolah ayah bunda dilaksanakan kelas inspirasi ? jika belum mari kita bersinergi ,bersama  ikut membentuk anak-anak yang religius, cerdas, berprestasi, tangguh, sehat,kuat ,ceria,membantu orang tua dan anak yang menolak narkoba, pergaulan bebas, alkohol dan pornografi. Diharapkan dengan adanya kelas inspirasi  ini anak-anak dapt tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat,bakat, dan tergali potensinya secara optimal sesuai dengan harapan ayah bunda serta gurunya.

foto anak-anak begitu antusias dan senang mendengar cerita orang tuanya

Sumber : Modul Penguatan Kelas Inspirasi Kemdikbud Dirjen Paud dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Semoga bermanfaat ya,


wasalam

Ena

0 komentar:

Posting Komentar