Review Buku Dengan Menggunakan Text To Speech


                                                          VCI JABAR 101.GRUP 6.2

Assalammu'alaikum W.W
    Alhamdulillah bersyukur diberi kesempatan untuk bisa bergabung menambah ilmu dan pengalaman di Virtual Coordinator Indonesia, bertemu dengan teman-teman yang hebat tidak hanya dari kalangan pendidik namun beragam profesi yang saling mendukung dan menyemangati, didampingi oleh instruktur yang hebat dan ramah yang selalu siap membantu dengan tujuan sama-sama untuk membekali diri kearah yang lebih baik agar ilmu dan pengalaman yang didapatkan bisa bermanfaat dimanapun kami berada.
    Berbagai macam tugas dilatihkan dan dipraktekan , beberapa diantaranya melalui room webex. Ini merupakan tugas terakhir kami, membuat review buku yang didapatkan dari rumahbelajar.id kemudian direview dalam bentuk Text To Speech.

Apa Itu Text To Speech ?

     Text To Speech adalah kemampuan percakapan sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan device mereka dengan mudah. Aplikasi yang digunakan saat ini adalah google Text To Speech yang dapat diunduh dengan sistem android, aplikasi ini mampu mempermudah pengguna android untuk membaca teks pada android, membaca buku, belajar bahasa baru, dan memberikan perintah suara.
     Teman-teman bisa menggunakan google Text To Speech untuk mengubah text menjadi suara. Pernahkan, membuka youtube yang isinya seperti suara orang yang sedang membaca berita tetapi suaranya datar seperti robot? Nah, suara itu dari video yang diolah menggunakan google Text To Speech. Dengan disediakannnya Google Text To Speech mempermudah pengguna saat pencarian translate di google, berpidato bahkan yang lainnya yang dapat dimanfaatkan dalam bidang apapun. Google Text To Speech juga dapat  mempermudah  kita saat mengirim pesan ketika kita sedang tergesa-gesa.

Cara Menggunakan Google Text To Speech Pada Android :

1. Aktifkan google Text To Speech (TTS) dengan cara mengunduh pada playstore
2. Klik Mesin TTS pada layar (baca petunjuk dan contohnya)
3. Sesuaikan tingkat pidato, status bahasa default 
4, Pilih bahasa yang diinginkan

        Ada dua buah buku yang saya review dengan menggunakan Text To Speech yaitu buku yang berjudul " Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak" dan "Menumbuhkan Kepekaan Budaya Lokal di Sekolah Dasar."
Kedua buku tersebut merupakan konten buku yang dapat didunduh di rumahbelajar.id

Buku Pertama

Judul Buku  :    Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak
Penulis        :    Anggiastri Hanantyasari Utami dkk
Penerbit      :   Direktorat Pendidikan Pembinaan Keluarga Direktorat Pendidikan Usia Dini                         dan   Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber       :   rumahbelajar.id

       Mendidik anak merupakan upaya yang penuh tantangan dan harapan bagi orang tua. Keluarga merupakan pendidik pertama dan utama bagi pembentukan pribadi dan karakter setiap individu. Keberhasilan orang tua dalam mendidik anak akan sangat bergantung pada kecakapan pola asuh yang dimiliknya. Menumbuhkan kemandirian adalah salah satu pendidikan yang harus kita ajarkan dan latih pada anak.

Reviewnya  lengkapnya dapat dibaca di :  Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak





                 Contoh  video Text To Speech Review Buku  "Menumbuhkan Kemandirian Pada Anak"


Buku Kedua

Judul Buku      :  Menumbuhkan Kepekaan Budaya Lokal di Sekolah Dasar
Penulis            :  Dewi Utama Faizah
Penerbit          :  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian  
                          Pendidikan dan  Kebudayaan
Sumber           :   rumahbelajar.id

        Bahasa Ibu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari ternyata memerankan peran penting dalam tumbuh kembang proses literasi di sekolah. Kekayaan bahasa lisan/oral ini ditunjukkan dengan perolehan kosakata yang nantinya akan digunakan untuk menguatkan kegiatan membaca dan menulis serta mata pelajaran  lainnya.

Review lengkapnya dapat di baca :   Menumbuhkan Kepekaan Budaya Lokal di Sekolah Dasar





    Contoh video Text To Speech Review Buku " Menumbuhkan Kepekaan Budaya Lokal di Sekolah Dasar "




Demikianlah  review buku dengan menggunakan Text To Speech. Tentu saja masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk masa depan yang lebih baik



Wasalam,

Lina Susanti




0 komentar:

Posting Komentar