Pasukan Biru Meriahkan HUT PGRI dan HGN

Assalammu'alaikum W.W

Hai sahabat semuanya, semoga sehat selalu ya...
Pagi hari Pasukan Biru sudah berkumpul di Yayasan Amal Keluarga Kecamatan parongpong Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 60 sekolah dari tingkat PAUD,SD dan SMP. Tanggal 25 November   adalah  peringatan HUT  PGRI (Pendidikan Guru Republik Indonesia) yang ke-73 dan HGN (Hari Guru Nasional ) yang ke-24. Peringatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2018,  lebih awal satu hari ini tidak mengurangi kekhidmatan dan kemeriahannya. Dari guru,oleh guru dan untuk guru.

Tema yang diusung dalam kegiatan HUT PGRI dan HGN ini adalah  adalah "Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad ke-21."  Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan  dibuka  oleh Ibu  kepala UPT Pendidikan SD dan Paudni  dan bapak Ketua PGRI Kecamatan parongpong.  Dalam sambutannya beliau mengingatkan kewajiban dan peran   para guru terutama ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk meningkatkan kinerja dan profesionalime guru yang sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Bandung Barat " Mewujudkan Bandung Barat yang Akur (Aspiratif, Kreatif,Unggul dan Religius) berbasis pengembangan ekonomi,optimalisasi sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia. Dengan jargon Bandung Barat Lumpat (Bandung Barat Berlari), meningkatkan kinerja sehingga meraih berbagai target di berbagai bidang.
Berbagai Kegiatan Dalam Rangka Memperingati HUT PGRI dan HGN
Setelah ditutup do'a acara dilanjutkan dengan lomba gerak jalan dan lomba permainan olahraga tradisional  seperti  egrang, bakiak dan dogongan. Acara diakhiri dengan Gembrong Liwet (Makan Nasi bersama).  Lomba Gerak jalan melintasi perkebunan  di Parongpong. sambil berjalan menyusuri jalan desa , kita bisa menikmati indahnya pemandangan  sambil  menghirup udara segar. Setiap sekolah mendapatkan nomor peserta dan berhak mendapat door prize. 

Gerak jalan merupakan kegiatan rutin memperingati HUT PGRI dan HGN setiap tahunnya,
                                     
Nah ini sekilas permainan olah raga  tradisional yang dilombakan dalam memeriahkan HUT PGRI dan HGN :
  1. Egrang. Jenis permainan olah raga tradisional dengan dua buah bambu yang digunakan sebagai alat untuk berjalan. Permainan ini membutuhkan ketangkasan dan konsentrasi tinggi . Pemenangnya adalah yang paling cepat tiba di  tujuan tanpa terjatuh.
    Perlombaan egrang yang memerlukan ketangkasan dan konsentrasi
  2. Bakiak.   Bakiak adalah jenis permainan olah raga tradisional yang memerlukan ketangkasan dan kekompakan dari kayu yang ringan dengan pengikat kaki yang terbuat dari ban bekas yang dipaku pada kedua sisinya. Jumlah pemain setiap kelompok lebih dari satu orang. Mereka harus kompak melangkah bersama sampai tujuan yang telah ditentukan, satu kesalahan menyebabkan kelompoknya  terjatuh. Kelompok yang tiba lebih dulu, akan  menjadi juara.      
    Perlombaan bakiak yang seru dan mengasyikan meriahkan HUT PGRI dan HGN
  3. Dogongan. Permainan dogongan adalah kebalikan dari tarik tambang. Kedua regu saling mendorong adu kekuatan untuk mendapatkan kemenangan. Alat yang digunakan adalah bambu. Kekuatan dan kekompakan diperlukan dalam permainan ini. Permainan yang paling seru di acara HUT PGRI dan HGN ini.
Dogongan , permainan yang membutuhkan kekompakan dan tenaga yang kuat
Tidak terasa hari sudah semakin siang, azan zuhur telah berkumandang. Saatnya isoma . Setelah salat  zuhur kami berkumpul dan makan bersama-sama. Setiap sekolah berkumpul membuka bekal makan siangnya masing-masing. Ada nasi liwet, ayam, ikan asin, jengkol ,sambal dan lalapannya, wah mantap. Kami makan bersama-sama dengan alas daun. Nah ini adalah bagian acara yang ditunggu oleh para peserta HUT PGRI dan HGN. Maklum tenaga sudah terkuras oleh berbagai macam kegiatan.
   
Gembrong Liwet acara yang paling ditunggu oleh peserta HUT PGRI dan HGN
Waktu sudah menunujukkan pukul dua siang, setelah operasi bersih kami pulang akan melanjutkan aktivitas masing-masing dengan satu tekad setelah peringatan HUT PGRI dan HGN  . Hari ini  kami harus lebih baik dari kemarin, terutama dalam meningkatkan profesionalisme kami sebagai guru. Masih banyak PR yang harus dikerjakan sebagai pendidik bangsa. "Guru harus mampu datang lebih awal ke dalam dunia kehidupan peserta didik  masa depan."  Itu adalah salah satu ilmu yang didapatkan pada waktu berkunjung ke Museum Pendidikan Nasional (Mupenas) UPI.


Dlalam kesempatan memperingati HUT PGRI dan HGN ini Saya mengucapkan selamat hari guru untuk guru-guruku dan teman-teman semua yang sudah banyak memberi arti dan warna dalam kehidupan ini. Terima kasih tak terhingga serta do'a yang terucap , semoga setiap tetes keringat, tenaga,waktu,fikiran dan harta yang tercurah dicatat sebagai amal soleh yang akan menghantarkan kita menggapai RidhoNya meraih keberkahan dan kebahagian di dunia dan akhirat, aamiin.

Guru mulia karena karya.


                                 
      Sumber :  Youtube.com, lagu  yang diperdengarkan ketika memeriahkan HUT PGRI dan HGN


Wasalam


Enasusanti

31 komentar:

  1. Saya baru tahu ada permainan dogongan. Dari gambarnya bisa ditebak keseruannya. Happy teacher day.

    BalasHapus
  2. Kembali ke masa kecil dulu waktu di kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak masa yang jauh dari gadget seperti sekarang ya

      Hapus
  3. Selamat hari guru semuanya baik yang profesinya guru maupun tidak, kita semua adalah guru. Ngomongin permainan ya mba. Kayaknya yang paling susah itu main engrang ya? Wkwkw tapi acaranya seru banget kayaknya ya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Betul kita semua adalah guru, apaalagi Ibu-ibu tugas melekat menjadi guru. Betul yang paling sulit adalah Egrang, butuh latihan itu mah. Seru banget hehe

      Hapus
  4. Guru Mulya karena Karya. Keren quotenya. Selamat Hari Guru, Mbak. Semangat berkarya selalu...

    Btw...ibu² ada yg nyoba egrang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak. Ibu-ibu ada juga. Cuma dipisah.malah yang ibu-ibu lebih keren nggak ada yang jatuh hehe.

      Hapus
  5. Selamat Hari Guru Mbak Ena
    Saya selalu kagum dan salut pada Guru..
    Bapak saya dan keempat Mbak saya juga Guru, Mbah Putri dan Mbah Kung juga Guru..Keluarga besar saya kebanyakan Guru..Jadi kalau ngumpul seru :)

    Oh ya, saya belum pernah tahu dogongan Mbak, kalau egrang dan bakiak tau sih...Tapi rame acaranya yaa:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya. Sampaikan salam hormat dan ucapan selamat hari guru juga ya Mbak Dian buat keluarganya. Seru Mbak, dogongan masuknya olahraga permainan tradisional. Sekarang mualai diperkenalkan lagi di acara olimpiade olahraga siswa.

      Hapus
  6. Permainan masa kecil dulu ini ya mbak, hihi... saya paking suka main engrang, Seruuu,
    Btw, selamat haru guru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka Mbak, tapi nggak bisa hehe. makasih Mbaak

      Hapus
  7. Wuiih kebayang raosna eta ngabohtram euy hihihi, pasti ada nasi liwet, sambel lalap, ikan asin huaaa mantabbs. Jadi kangen bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. MMhhh raos pisan Mbak, hayu Mbak ditunggu ya di Bandung

      Hapus
  8. Seru banget, Mbak. Pasti acara gembrong liwet yang paling ditunggu-tunggu. Btw, Selamat hari Guru Nasional :)

    BalasHapus
  9. Permainan tradisional selalu seru yaa ... Apalagi rame-rame, pasti enak ketawa😄

    BalasHapus
  10. Keren ya visi misinya Bandung barat AKUR.. Selamat hari guru Nasional😊

    BalasHapus
  11. Selamat Hari Guru, Mbak Ena.
    Semoga terus menghasilkan pemikiran dan gaya ajar yang positifnya untuk seluruh peserta didik. Indonesia butuh guru2 keren sbg mitra orang tua dalam mendidik anak.
    Btw, permainannya seru2. Terutama egrang yak :)

    BalasHapus
  12. Selmat hari guru mb, sll kagum sama guru-guru. Mereka awet muda. Kyknya dari dulu wajahnya ga bisa tua ya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, saya juga sekarang bareng mengajar sama guru saya yang mengajar waktu SD. Mungkin karena mainnya sama anak SD ya jadi kelihatan awet muda hehe

      Hapus
  13. Pingin makan nasi liwet, kayaknya lezat de.

    Selamat Hari Guru yah Mbak, eh kita seprofesi loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat hari guru juga Mbak, terima kasih yaa

      Hapus
  14. Wah... Semangatnya luar biasa sekali ya bapak dan ibu guru. Semoga selalu diberi kesehatan dan berkah dalam mendidik anak-anak ya mbak. Selamat hari guru

    BalasHapus
  15. Wah Seru banget ya mbak ena.. gembrong liwet pasti Hal Yg paling ditunggu2 Hehe.. selamat Hari.guru ya mbak Semoga perjuangan mulia para guru menjadi sebuah Amal kebaikan yang tercatat di sisi Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa setelah full beraktifitas lapar terasa, nah itu obatnya. aamiin, makasih Mbak

      Hapus
  16. Permainan dogongan kayanya seru mbak hehe. Selamat hari guru ya, semoga lebih baik lagi pendidikan di Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget, bisa berekspresi bebas. makasih Mbak, aamiin.

      Hapus